Sabtu, 26 Mei 2012

Kronologis Tabrakan Kapal Tanker


Kronologis Tabrakan Kapal Tanker dengan Kapal Nelayan
ilustrasi kapal tenggelam (Foto: Ist)
MEDAN - Kecelakaan kapal ikan asal Kabupaten Batubara Sumut dengan sebuah kapal yang diduga kapal tanker terjadi di perairan Pulau Berhala Kabupaten, Selasa dini hari kemarin.
Akibat kecelakaan tersebut, dua dari lima awak kapal hilang, sementara tiga orang lainnya berhasil selamat. Ketua HNSI Medan, Zulfahry Siagian, mengatakan kejadian nahas itu terjadi sekitar pukul 04.00 WIB. Saat itu awak kapal masing-masing Sabri, Nober, Abdul Rahman, Abdul Jalil dan Atan, sedang tertidur di atas kapal yang tengah berjangkar (berhenti).

Namun tiba-tiba kapal yang mereka tumpangi ditabrak oleh kapal berukuran besar yang diduga adalah kapal tanker. "Kelima awak sedang tertidur saat peristiwa nahas itu terjadi," kata Fahry saat dihubungi okezone, Rabu (14/9/2011). Akibat tertabrak, sambung Fahry, kapal nelayan tersebut hancur dan tenggelam. Sabri, Nober, Abdul Rahman berhasil selamat. Sedangkan Abdul Jalil dan Atan hilang. Sementara kapal yang menabrak berlalu.
"Ketiganya saat ini berada di Syahbandar untuk dimintai keterangan," jelasnya.
Fahry menduga, saat berjangkar, kapal nelayan itu berada di jalur perlintasan kapal besar. "Kita minta kepada pemerintah untuk memberikan sosialisasi jalur perlintasan kepada para nelayan. Kita juga berharap agar pemerintah memberikan asuransi kepada para nelayan yang terkena kecelakaan," harapnya.  Fahry juga mengaku pihaknya akan melaporkan kejadian tersebut ke Pol Airut Poldasu."Kita akan minta bantuan kepada Pol Airut dan Basarnas untuk melakukan pencarian terhadap dua korban yang hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar